Pemanfaatan Potensi Ekonomi 2018 dalam Mendukung Agenda Pembangunan Pemerintah

Rabu, 17 Januari 2018 - 20:00:00

Sumber : ekon.go.id

Jakarta - Menko Perekonomian Darmin Nasution menyatakan bahwa perekonomian Indonesia semakin menuju kearah positif ditengah ketidakpastian pergerakan ekonomi dunia.

 

“Kita perlu bersyukur karena pertumbuhan perekonomian Indonesia terus menunjukkan peningkatan mencapai 5,06% pada triwulan ke III tahun 2017”, ujar Menko Darmin dalam acara KEIN Meets The CEO: "Mengelola Potensi Ekonomi 2018", di Jakarta (17/1).

 

Pencapaian ini tidak hanya disebabkan oleh adanya pembangunan dari sektor sumber daya alam, namun juga dari sektor industri, dimana pemerintah menyusun ruang fiskal lebih besar dalam meningkatkan infrastruktur dan bantuan sosial.

 

“Selama 2,5 tahun ini pemerintah fokus melakukan transformasi pembangunan ekonomi dari sektor sumber daya alam menjadi sektor industri”, ungkap Menko Darmin.

 

Maka dari itu pemerintah mengeluarkan Kebijakan Percepatan Pelaksanaan Berusaha sesuai dengan Perpres No. 91 tahun 2017 yang bergerak melalui tiga kegiatan. Pertama, mempercepat pelayanan perizinan berusaha melalui penerapan Sistem Pelayanan Perizinan Terintegrasi Secara Elektronik (Online Single Submission/OSS). Kedua, memberikan fasilitas sistem checklist (hutang perizinan) di kawasan-kawasan ekonomi. Ketiga, menetapkan sistem data sharing.

 

“Melalui kebijakan Percepatan Pelaksanaan Berusaha, seorang investor hanya perlu mendatangi satu bangunan untuk pendaftaran, pembelian tanah, dan semuanya diselesaikan melalui satu sistem yaitu Online Single Submission”, tegas Menko Darmin.

 

Dalam kesempatan ini, Menko Darmin juga menghimbau seluruh CEO yang hadir untuk saling bersinergi dalam mengelola potensi ekonomi 2018 dengan menyukseskan agenda besar pembangunan  ekonomi yang telah ditetapkan pemerintah.

 

“Mari kita bersama memberikan dukungan dan peran aktif dalam mensukseskan pembangunan ekonomi, khususnya potensi infrastruktur, konektivitas, peningkatan kualitas sumber daya manusia  dan investasi’, jelas Menko Darmin.

 

Peran pelaku usaha sangat penting dalam mengakselerasi pertumbuhan utamanya berbasiskan kreativitas, inovasi dan penguasaan ilmu pengetahuan serta teknologi. Dengan begitu diharapkan angka pertumbuhan ekonomi Indonesia kedepannya semakin meningkat diikuti dengan perbaikan pada indikator-indikator pendukung sosial lainnya. (ekon)