Pemanfaatan Teknologi, Upaya Tingkatkan Keunggulan Logistik

Selasa, 27 Februari 2018 - 16:40:00

Sumber : ekon.go.id

Jakarta – Pemerintah memandang perlunya pemanfaatan teknologi di sektor rantai pasok dan logistik di era sekarang. Hal tersebut sebagai upaya untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dari negara-negara lain seperti Malaysia, Thailand bahkan Vietnam yang lebih unggul dalam sektor ini.

“Kita tidak hanya bicara keunggulan, tapi juga harus mengejar ketertinggalan kita dari negara lain,” ungkap Plt Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Elen Setiadi saat membuka Seminar "Optimizing Supply Chain Network Performance", Selasa (27/2), di Kantor Kemenko Perekonomian.

Menurut Elen, beberapa pemanfaatan teknologi di sektor rantai pasok dan logistik antara lain mencakup optimalisasi rantai pasok, mengkonsolidasikan pengiriman dan mengurangi jumlah gudang.

“Perlu data valid terkait jumlah gudang, agar kita bisa mengkonsolidasikan persoalan logistik ini khususnya untuk mempercepat arus barang,” tuturnya.

Kedepannya dalam usaha mengupayakan ketertinggalan menjadi keunggulan, pemerintah juga akan memperbaiki beberapa hal baik dari sistem yang telah ada, sisi infrastruktur IT dan tak kalah penting adalah sumber daya manusia (SDM). (ekon)